menu

Sabtu, 17 Agustus 2013

TIPS MENJAGA DAYA TAHAN TUBUH



Tubuh yag sempurna adalah amanah yang dititipkan-Nya kepada manusia untuk bisa melakukan tugas sebagaimana mestinya sebagai pemimpin di atas bumi. Maka, menjaganya agar tetap berfungsi baik, bugar, dan sehat, diperlukan perlakuan yang cukup terhadap tubuh.

Menjaga daya tahannya diperlukan untuk mencegah kerusakan karena faktor luar seperti virus dan bakteri. Jika daya tahan tubuh melemah, faktor luar akan mendatangkan penyakit yang semakin melemahkan tubuh yang biasa kita sebut; sakit. Akibatnya, semua aktivitas terhambat. Oleh karena itu, ada beberapa tips untuk menjaga daya tahan tubuh:

MAKANAN
  1. Memenuhi kebutuhan vitamin D. karena vitamin D ini berfungsi untuk menstimulusi sel imun untuk menghalau virus dan bakteri. Vitamin D dapat ditemukan pada telur, susu, hati, dan ikan. Berjemur di bawah sinar matahari pagi juga membantu tubuh memproduksi vitamin D.
  2. Memenuhi kebutuhan vitamin C yang dibutuhkan tubuh (400 mg/ hari) bisa didapatkan dari buah-buahan kaya vitamin C seperti jeruk, strawberry, teh rosella.
  3. Memenuhi kebutuhan zat besi (12 mg/ hari) dari kacang-kacangan, yogurt, kepiting, kerang, dan daging unggas.
  4. Memenuhi kebutuhan cairan yang diperlukan dalam tubuh. Dalam hal ini air putih yang menyehatkan. Delapan gelas air putih perharinya merupakan jumlah yang harus kita penuhi untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh kita.
  5. Mengkonsumsi ikan / minyak ikan. Ikan mengandung minyak esensial Omega-3. Selain meningkatkan kecerdasan, Omega-3 juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh secara alami.
  6. Mengkonsumsi buah-buahan peningkat imunitas tubuh; apel, anggur, bawang merah, bawang putih.
POLA HIDUP
  1. Beristirahat yang cukup ketika lelah
  2. Tidur berkualitas
  3. Berolahraga setiap pagi. Hasil penelitian membuktikan bahwa orang yang menggerakan tubuh/ berolahraga secara teratur selama lima hari/ minggu lebih tahan terhadap serangan flu/ pilek.
  4. Memastikan bahwa makanan yang dimakan sudah higienis atau sudah di cuci dengan bersih atau dimasak dengan matang yang sempurna.
  5. Makan dengan porsi yang wajar dan tidak berlebihan. Selain dapat mengalami kegemukan, juga riskan terkena penyakit yang terkait dengan kegemukan atau obesitas.
PSIKOLOGIS
  1. Tersenyum
  2. Positive thinking
  3. Mengatasi stress dengan benar. Stress dapat menurunkan daya tahan tubuh dengan cara mengurangi sel pembunuh alami dalam tubuh. Mendengarkan musik, bermain games, dan lebih bagus lagi membaca Quran dapat mengatasi stress.
Semoga kita selalu diberi kesehatan supaya bisa beramal, beribadah dengan baik... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar